Wawancara CNBC: Apakah Hutang Indonesia Masih Aman?

CNBC Indonesia – Utang pemerintah indonesia sudah terlihat peningkatannya sejak pandemi Covid-19 atau Corona mewabah di tanah air.

Kementerian Keuangan (Kemenkeu) mencatat, posisi utang Pemerintah per akhir Maret 2020 mencapai Rp 5.192,56 triliun. Utang tersebut mengalami kenaikan sebesar Rp 244,38 triliun dibandingkan dengan Februari yang sebesar Rp 4.948,18 triliun.

Staf khusus Menteri Keuangan, Masyita Crystalin mengatakan kondisi utang Indonesia saat ini cukup terkendali. Meskipun meningkat, rasio utang pemerintah masih berada di bawah batas yang ditetapkan UU keuangan negara sebesar 60%.  Saat ini rasio utang ini sebesar 32,12% terhadap Produk Domestik Bruto (PDB).

“Kalau kita melihatnya risiko utang cukup manageable karena kalau kita membandingkan posisi utang dan financial condition saat ini kita perlu melihat Kondisi semua negara juga ya. Bagaimanapun kondisi yg disebabkan Covid-19 tidak hanya Indonesia tapi juga semua negara. Kemudian Ada tren yang kita lihat bahwa revenue private sector menurun, semua pihak cenderung meredeem financial asetnya, termasuk financial asset dari negara-negara berkembang termasuk Indonesia,” kata Masyita dalam program Closing Bell CNBC Indonesia (20/04/2020).

Sumber berita ini dari CNBC Indonesia.

 

 

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pin It on Pinterest

Share This